Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (113)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

40. Kewajiban Mempergauli Istri dengan Baik.

Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

"Sebaik-baik orang di antara kamu adalah yang paling baik kepada istrinya, dan saya adalah orang yang paling baik terhadap istri." (216)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

216. Hadits ini diriwayatkan oleh Ath Thahawi dalam kitab Al Musykil (III/ 211) dari Ibnu 'Abbas. Dari Ath Thahawi, Al Hakim meriwayatkan bagian awal hadits ini (IV/ 173) dan berkata, "Sanad hadits ini shahih." Adz Dzahabi menyepakati penilaian Al Hakim.

Hadits ini mempunyai hadits pendukung dari 'Aisyah yang diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dalam kitab Al Hilyah (VII/ 138) dan Ad Darimi (II/ 159). Hanya saja yang ada dalam riwayat Ad Darimi disebutkan, "...dan jika salah seorang sahabat kalian meninggal, maka doakanlah" sebagai ganti dari perkataan, "...dan saya adalah orang yang paling baik terhadap istri." Sanadnya shahih karena para periwayatnya biasa dipakai Al Bukhari.

Hadits ini juga mempunyai hadits pendukung lain yang diriwayatkan oleh Al Khathib dalam kitab At Tarikh (VII/ 13) dari Abu Hurairah. At Tirmidzi dan Ahmad (II/ 250 & 472) juga meriwayatkan bagian pertama hadits tersebut dari Abu Hurairah. Sanadnya hasan.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog