Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (112)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

39. Wanita Haram Memakai Perhiasan Emas yang Bentuknya Melingkar.

Bantahan terhadap Orang yang Menolak Hadits-hadits Tersebut dengan Perbuatan 'Aisyah.

'Aisyah radhiyallahu 'anhuma berkata, "Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam masuk ke rumah dan beliau melihat saya memakai cincin-cincin dari perak. Beliau bertanya, 'Apa ini, wahai 'Aisyah?' Saya menjawab, 'Saya memakai cincin-cincin ini untuk berhias di hadapan engkau, wahai Rasulullah.' Beliau bertanya, 'Apakah kamu mengeluarkan zakatnya?' Saya menjawab, 'Tidak,' atau 'Masya Allah!' Beliau kemudian berkata, 'Itu sudah cukup menjerumuskan kamu ke Neraka.'" (214)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

214. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud (I/ 244) dan lainnya. Sanadnya memenuhi persyaratan kitab Shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Hafizh dalam kitab At Talkhish (VI/ 19). Muhammad bin Atha' yang terdapat dalam sanad hadits ini yang bernama lengkap Muhammad bin Amru bin Atha' adalah seorang periwayat yang tsiqah dan dipakai dalam kitab Ash Shahihain sebagaimana disebutkan dalam kitab At Targhib. Ibnul Jauzi dalam kitab At Tahqiq (I/ 198/ 1) menyangka Muhammad bin Atha' adalah seorang laki-laki yang tidak dikenal, sehingga dia melemahkan hadits ini. Oleh karena itu, penilaian Ibnul Jauzi itu tidak bisa dijadikan pedoman.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog