Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (111)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

39. Wanita Haram Memakai Perhiasan Emas yang Bentuknya Melingkar.

Bantahan terhadap Orang yang Beranggapan Bahwa Hadits-hadits tersebut Berkenaan dengan Larangan Orang yang Berhias dan Menampakkannya.

Diriwayatkan oleh An Nasai dan Abu Dawud dari Rib'i bin Hirasy, dari istrinya, dari saudara perempuan Hudzaifah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Wahai kaum wanita, bukankah kalian diperbolehkan memakai perhiasan perak? Ketahuilah, sesungguhnya salah seorang di antara kalian yang memakai perhiasan emas lalu menampakkannya akan diadzab karena perbuatannya itu."

Hadits yang dijadikan dalil tidak shahih karena dalam sanadnya terdapat istri Rib'i, seorang yang majhul sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hazm (X/ 83). Oleh karena itu, saya juga menilai hadits tersebut dha'if dalam kitab Al Misykah (no. 4403).

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog