Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (85)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

38. Menghindari Tindakan yang Melanggar Syariat.

a. Menggantung gambar.

Dari 'Aisyah radhiyallaahu 'anhuma juga, ia berkata,

Saya mempunyai bantal bergambar yang saya buat untuk Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Suatu ketika beliau berdiri di pintu dengan wajah merah padam. Saya bertanya, "Apa yang terjadi dengan saya, wahai Rasulullah! (Saya bertobat kepada Allah terhadap dosa yang saya lakukan.)" Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bertanya, "Buat apa bantal ini?" Saya menjawab, "Bantal ini saya buat untuk engkau gunakan alas berbaring." Beliau bersabda, "Apakah kamu tidak tahu bahwa Malaikat tidak mau memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar; dan siapa yang membuat gambar-gambar tersebut akan disiksa pada hari Kiamat dan akan dikatakan kepada mereka, 'Hidupkanlah apa yang telah kamu ciptakan ini?'" Dalam riwayat lain disebutkan, "Sesungguhnya para pembuat gambar-gambar ini akan disiksa pada hari Kiamat." ('Aisyah berkata, "Beliau baru mau masuk setelah saya mengeluarkan bantal tersebut.") (161)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

161. Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari (II/ 11 dan IV/ 105) dan Abu Bakar Asy Syafi'i dalam kitab Al Fawaid (VI/ 68). Lafal hadits di atas terdapat dalam riwayat Abu Bakar Asy Syafi'i. Sanad hadits ini shahih.

Ada hadits yang semakna dengan hadits ini yang diriwayatkan oleh Al Bukhari, Muslim, dan ahli hadits lainnya. Hadits tersebut tercantum dalam kitab takhrij saya terhadap kitab Al Halal wa Al Haram karya Yusuf Al Qardhawi (hadits no. 121).

Hadits tersebut secara gamblang menunjukkan bahwa gambar yang tampak mencegah para Malaikat memasuki rumah sekalipun gambar tersebut dihinakan, karena beliau baru mau masuk rumah tersebut setelah gambar-gambar yang ada di dalamnya dikeluarkan. Berkenaan dengan hal ini beliau bersabda, "Sesungguhnya para Malaikat tidak mau memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar."

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog