Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (83)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

37. Bernyanyi dan Menabuh Rebana dalam Acara Pernikahan.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Umumkanlah pernikahan!" (157)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

157. Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban (no. 1285), Ath Thabarani (I/ 1/ 69) dan dalam kitab Al Ausath (II/ 167/ 1 dari Zawaidnya), Al Mukhallash dalam kitab Al Muntaqa (XII/ 64/ 2), dan Adh Dhiya' Al Maqdisi dalam kitab Al Mukhtarah (I/ 150) dari 'Abdullah bin Al Aswad dari 'Amir bin 'Abdullah bin Az Zubair dari bapaknya dan sampai kepada Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam).

Sanad hadits ini hasan. Para periwayatnya orang-orang yang terkenal tsiqah, kecuali Ibnu Al Aswad. Abu Hatim berkomentar, "Dia adalah seorang guru." Ibnu Hibban mencantumkan dia dalam kitab Ats Tsiqat (II/ 145). Al Hakim menilai hadits ini shahih. Ibnu Daqiq Al 'Id juga menilai hadits ini shahih. Sebagai bukti, dia mencantumkan hadits tersebut dalam kitab Al Ilmam bi Ahadits Al Ahkam (I/ 122). Dalam mukadimahnya dia menyebutkan bahwa yang dia cantumkan di situ hanya hadits-hadits shahih.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog