Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (2)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

1. Bersikap Lembut kepada Istri.

Asma' binti Yazid As Sakan, ia berkata,

"Saya pernah menghias 'Aisyah untuk disandingkan kepada Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Saya kemudian datang kepada beliau dan memanggil beliau untuk mendatangi 'Aisyah. Beliau pun datang dan duduk di dekat 'Aisyah. Beliau mengambil segelas susu, lalu beliau minum. Beliau kemudian menyodorkannya kepada 'Aisyah. 'Aisyah menundukkan kepalanya tersipu malu. Dengan agak membentak saya katakan kepada 'Aisyah, 'Ambillah pemberian Nabi itu!' 'Aisyah mau mengambilnya, lalu minum sedikit. Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam kemudian berkata kepada 'Aisyah, 'Berikan susu itu kepada sahabatmu!'"

Asma' berkata, "Saya lalu berkata, 'Wahai Rasulullah, tolong mintalah kembali dulu gelas itu, lalu tuan minum, baru berikan kepada saya.' Beliau pun meminta kembali gelas itu, lalu minum sedikit, kemudian diberikannya kepada saya. Saya duduk. Gelas itu aku letakkan di atas lututku. Kemudian saya minum dengan cara menempelkan bibirku pada gelas seraya memutar-mutarnya agar mengenai tempat bekas minum Nabi. Beliau kemudian berseru kepada wanita-wanita di sekitarku, 'Berikan susu itu kepada mereka secara bergiliran.' Kami menjawab, 'Kami tidak suka.' Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam) berkata lagi, 'Sudahlah, minum saja. Jangan malu-malu!'" (45)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

45. Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (VI/ 438, 452, 453, & 458) dengan dua lafal; yang satu panjang dan yang satunya agak ringkas. Kedua sanadnya saling menguatkan sebagaimana diisyaratkan oleh Al Mundziri dalam kitabnya (IV/ 29). Hadits ini juga diriwayatkan oleh Al Humaidi dalam kitab Musnadnya (II/ 61). Hadits ini mempunyai hadits pendukung dari Asma' binti Umaisy yang diriwayatkan Ath Thabrani dalam kitab Ash Shaghir dan Al Kabir dan dalam kitab Tarikh Ashbahan karya Abu Syaikh (hlm. 282-283), dan kitab Ash Shumtu karya Ibnu Abi Ad Dunya (II/ 26).

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog