Skip to main content

Adabul Mufrad (222)

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah.

Kitab Perbuatan Baik.

114. Bab yang Berbuat Baik di Dunia Dia yang Mendapat Perlakuan Baik di Akhirat.

222. Harmalah bin Abdillah berkata bahwa dia pernah pergi menemui Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Setelah sampai dia duduk bersama beliau dan beliau mengetahuinya. Ketika pergi dia berkata pada dirinya, "Demi Allah saya akan menemui Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam supaya bertambah ilmu saya." Saya lalu berdiri di depan beliau dan kukatakan, "Apa yang kau perintahkan kepadaku akan kukerjakan." Beliau bersabda:

"Wahai Harmalah, lakukanlah kebaikan dan jauhilah kemungkaran."

Saya lalu kembali ke kendaraanku. Kemudian saya kembali sampai tempat berdiriku dekat dengan beliau dan kukatakan, "Wahai Rasulullah, apa yang kau perintahkan kepadaku akan kukerjakan. Beliau bersabda:

"Wahai Harmalah, lakukanlah kebaikan dan jauhilah kemungkaran, dan perhatikan apa yang disukai oleh telingamu, adalah bagaimana orang-orang berkata kepadamu jika engkau melakukannya, maka lakukanlah, dan perhatikanlah apa yang tidak engkau sukai, adalah bagaimana orang-orang berkata kepadamu jika engkau melakukannya, maka tinggalkanlah."

Ketika pulang, kupikirkan hal itu. Ternyata keduanya tidak meninggalkan kekurangan sedikitpun. (39)

* Dhaif.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

39. Jika kedua nasehat Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam itu dijalankan maka sempurnalah semua perbuatan, tanpa kekurangan sedikitpun.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog