Skip to main content

Kesalahan-kesalahan yang Terjadi pada Orang yang Berkurban (10) | 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban

من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة).

Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili.

60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban.

Kesalahan-kesalahan yang Terjadi pada Orang yang Berkurban.

10. Kesalahan yang lainnya lagi adalah:

Kepercayaan kebanyakan orang bahwasanya hewan kurban tidak sah penyembelihannya kecuali bila dilakukan pada hari pertama yaitu di hari raya Nahr (penyembelihan). Ini adalah suatu kesalahan, karena penyembelihan boleh dilakukan di sepanjang hari-hari Tasyriq, yaitu hari kesebelas, keduabelas dan ketigabelas dari bulan Dzulhijah, sehingga hari penyembelihan adalah empat hari, satu hari raya dan tiga hari setelahnya, berdasarkan sabda beliau shollallohu 'alaihi wa sallam:

كل أيام التشريق ذبخ

"Seluruh hari Tasyriq adalah hari penyembelihan." (24)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

24) Dikeluarkan oleh Ahmad (IV/ 82) dan Baihaqi (IX/ 295) dan hadits ini mempunyai jalan yang banyak, maka ia naik ke derajat hasan dan perkataannya dijadikan hujah. Sebagaimana penjelasan Syaikh Al-Albani di dalam Silsilatush Shohihah nomor 2476, beliau menyebutkan jalan-jalannya. Lihat Fathul Bari jilid IV juz 5 hal. 133 dan setelahnya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة), Penulis: Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Ibadah Kurban, Keutamaan dan Koreksi Atas Berbagai Kesalahannya, 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban, Penerjemah: Muhammad Basyirun, Editor: Irwan Raihan, Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan I, Desember 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog