Skip to main content

Berbagai Kesalahan dalam Hal Binatang Kurban (3) | 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban

من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة).

Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili.

60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban.

Berbagai Kesalahan dalam Hal Binatang Kurban.

3. Kesalahan berikutnya adalah:

Kebanyakan orang di dalam masyarakat awam, ketika membeli hewan kurban tidak membedakan antara yang berusia tua dan muda, atau ia tidak mengetahui umurnya. Ini merupakan kesalahan yang jelas, oleh karena itu seseorang harus mengetahui umur hewan yang akan dikurbankan atau menanyakan kepada orang yang dapat dipercaya. Usia binatang yang sudah cukup tua adalah unta jika umurnya sampai 5 tahun, sapi jika telah berumur 2 tahun dan kambing 1 tahun.

Tidak sah dengan selain binatang-binatang itu kecuali domba, apabila masih berusia muda (jadza'a), bila sudah berumur 6 bulan, berdasarkan sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

لا تذ بحوا إلا مسنة إلا أن يعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن

"Janganlah kalian menyembelih kecuali kambing musinnah (berumur dua tahun), tetapi jika kalian mengalami kesulitan maka sembelihlah domba jadza'ah (domba berumur enam bulan)." (27)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

27) Muslim di dalam kitab Al-Adhohi nomor 1963, di kitab Sinnul Udhhiyyah, dan lihatlah Shohih Muslim dengan Syarh An-Nawawi, jilid V juz 13 hal. 117.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة), Penulis: Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Ibadah Kurban, Keutamaan dan Koreksi Atas Berbagai Kesalahannya, 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban, Penerjemah: Muhammad Basyirun, Editor: Irwan Raihan, Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan I, Desember 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog