Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (219)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Kitaabush Shalaah.

Kitab Shalat.

34. Bab: Mengerik Dahak di Masjid dengan Batu Kerikil.

110. (246) Ibnu Abbas (radhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Jika engkau menginjak kotoran basah, maka cucilah, tapi jika kering maka tidak usah (dicuci)."

219. Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id (radhiyallaahu 'anhuma), bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam melihat dahak pada dinding (dalam riwayat lain: kiblat 1/ 107) masjid, lalu beliau mengambil kerikil kemudian mengeriknya, seraya bersabda, "Jika seseorang di antara kalian berdahak, maka janganlah ia mengeluarkan dahak di arah depannya dan tidak juga di sebelah kanannya, tapi hendaklah meludahkannya di sebelah kirinya atau di bawah kaki kirinya." (247)

35. Bab: Tidak Boleh Meludah ke Sebelah Kanan Ketika Shalat.

36. Bab: Hendaknya Membuang Dahak di Sebelah Kiri atau di Bawah Kaki Kiri Ketika Shalat.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

246. Diriwayatkan secara maushul oleh Ibnu Abi Syaibah darinya, dan sanadnya shahih.

247. Menurut saya mungkin ini adalah lafazh hadits Abu Sa'id Al Khudri (radhiyallaahu 'anhu), karena lafazh hadits Abu Hurairah (radhiyallaahu 'anhu) berbeda dengan lafazh Abu Sa'id. Oleh karena itu saya tidak mencantumkan nomor urut di sini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog