Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (213)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Kitaabush Shalaah.

Kitab Shalat.

31. Bab: Menghadap Kiblat Bagaimana pun Keadaannya.

84. (243) Abu Hurairah (radhiyallaahu 'anhu) berkata, "Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Menghadaplah ke arah kiblat dan bertakbirlah.'"

(Haditsnya adalah hadits Jabir (radhiyallaahu 'anhu), 18. Taqshir ash-shalah/ 7. Bab).

213. Abdullah berkata, "Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam shalat [Zhuhur bersama mereka 7/ 227] [sebanyak lima rakaat 2/ 65]. Selesai salam, ditanyakan kepada beliau, 'Wahai Rasulullah, apakah ada sesuatu yang terjadi dalam shalat tadi?' (Dalam riwayat lain: 'Apakah shalat tadi ditambah?' Dalam riwayat lainnya: 'Apakah engkau mengqashar shalat atau memang lupa?') (244) Beliau balik bertanya, 'Kenapa?' Para sahabat menjawab, 'Engkau tadi shalat lima rakaat.' Lalu beliau langsung melipat kedua kakinya dan menghadap kiblat, kemudian sujud dua kali [setelah salam], kemudian salam. Ketika beliau menghadap kepada kami, beliau bersabda, 'Jika terjadi sesuatu di dalam shalat, aku pasti akan memberitahukannya kepada kalian. Namun bagaimana pun, aku adalah manusia seperti kalian. Aku bisa lupa seperti kalian lupa. Oleh karena itu, jika aku lupa, maka ingatkanlah. Jika seseorang di antara kalian ragu dalam shalatnya, maka hendaklah ia condong kepada yang benar lalu menyempurnakannya, kemudian salam dan sujud dua kali.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

243. Ini adalah bagian dari hadits Abu Hurairah (radhiyallaahu 'anhu) tentang orang yang tidak benar shalatnya. Pengarang telah menyambungkannya pada kitab ke 79 bab 18.

244. Menurut saya, riwayat ini mengandung keraguan, sebagaimana yang diungkapkan oleh Al Hafizh, dan yang benar adalah yang sebelumnya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog