Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (204)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Kitaabush Shalaah.

Kitab Shalat.

17. Bab: Shalat Mengenakan Pakaian Berwarna Merah.

204. Dari Abu Juhaifah (radhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Aku pernah melihat (dalam riwayat lain: Aku pernah diutus kepada 4/ 167) Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam [yang sedang berada di sebuah dataran, 4/ 165] di dalam sebuah kubah kulit berwarna merah. Aku lihat Bilal mulai (dalam riwayat lain: keluar lalu mengumandangkan panggilan shalat. [Aku pun menirukan mulutnya begini dan begitu dalam melafazhkan adzan 1/ 156], kemudian ia masuk dan mengeluarkan sisa) air wudhu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Aku lihat orang-orang berebut untuk mendapatkan air wudhu tersebut, dan orang yang mendapatkan bagian air tersebut langsung mengusapkan pada dirinya, sedangkan yang tidak kebagian menyeka dari tetesan tangan orang lain yang mendapatkannya. Kemudian aku melihat Bilal [masuk, lalu] ia mengambil (dalam riwayat lain: mengeluarkan) tongkat atau tombak kemudian menancapkannya [di hadapan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Setelah itu shalat pun dimulai]. Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam keluar dengan mengenakan pakaiana berwarna merah yang disingsingkan, [aku sempat melihat putihnya betis beliau. Beliau menancapkan tongkat kemudian shalat [zhuhur dua rakaat dan ashar] dua rakaat dengan menghadap tongkat tersebut bersama orang-orang. Aku pun sempat melihat orang-orang dan hewan (dalam riwayat lain: keledai dan wanita) berlalu lalang di depan tongkat tersebut. [Orang-orang berdiri kemudian meraih tangan beliau lalu mengusapkannya ke wajah mereka. Aku pun meraih tangan beliau lalu kuletakkan pada wajahku, ternyata terasa lebih dingin dari es dan aromanya lebih wangi dari minyak kesturi."]

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog