Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (194)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Kitaabush Shalaah.

Kitab Shalat.

4. Bab: Shalat dengan Sehelai Pakaian.

194. Ummu Hani` binti Abu Thalib berkata, "Aku menemui Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pada tahun pembebasan Makkah. Saat itu aku dapati beliau sedang mandi [di rumahnya 2/ 38], sementara Fathimah, putri beliau, menutupinya. Lalu aku mengucapkan salam kepada beliau, dan beliau pun bertanya, 'Siapa ini?' Aku jawab, 'Aku adalah Ummu Hani` binti Abi Thalib.' Beliau berkata, 'Selamat datang Ummu Hani`.' Selesai mandi lalu beliau (dalam riwayat lain melalui jalur Ibnu Abu Laila, ia berkata, 'Tidak seorang pun yang menceritakan kepada kami bahwa ia melihat Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam mengerjakan, shalat Dhuha, hanya saja Ummu Hani` menyebutkan, bahwa beliau 5/ 93) berdiri mengerjakan shalat delapan rakaat. [Ia berkata, 'Aku belum pernah melihat shalat yang beliau lakukan yang lebih ringan dari itu, namun demikian beliau menyempurnakan ruku' dan sujudnya]. Saat itu beliau hanya mengenakan sehelai pakaian. Setelah selesai shalat, aku berkata, 'Wahai Rasulullah, putra ibuku, [Ali], mengira bahwa ia telah membunuh seorang laki-laki yang telah aku beri upah, yaitu Fulan bin Hubairah.' Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Kami telah memberi upah kepada orang yang engkau beri upah itu wahai Ummu Hani`.' Ummu Hani` berkata, 'Itu adalah shalat Dhuha'."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog