Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (193)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Kitaabush Shalaah.

Kitab Shalat.

4. Bab: Shalat dengan Sehelai Pakaian.

97. (218) Az-Zuhri berkata, "Al Multahif adalah Al Mutawasysyih." Yakni mengenakan pakaian di bawah ketiak dengan menyilangkan kedua ujungnya ke belakang tengkuk dengan melintasi kedua pundaknya.

72. (219) Ia juga berkata, "Ummu Hani` berkata, 'Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam mengenakan sehelai pakaian dan menyilangkan kedua ujungnya di atas pundaknya.'"

١٩٣- عن عمر بن أبي سلمة أنه رأى النبي صلى الله عليه وسلم يصلي في ثوب واحد [مشتملا به] في بيت أم سلمة قد ألقى (وفي رواية: واضعا) طر فيه على عاتقيه.

193. Dari Umar bin Abu Salamah, bahwa ia pernah melihat Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat dengan mengenakan sehelai pakaian [yang menutupinya] di rumah Ummu Salamah, yang mana beliau menyilangkan (dalam riwayat lain: meletakkan) kedua ujungnya di atas kedua pundaknya.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

218. Yakni yang diriwayatkannya tentang membungkus diri dengan pakaian. Maksudnya, haditsnya yang Salim bin Abdullah dari ayahnya adalah riwayat Ibnu Abi Syaibah dan lainnya. Atau yang dari Sa'id, dari Abu Hurairah (radhiyallaahu 'anhu), adalah riwayat Ahmad dan lainnya. Akan tetapi yang tampak bahwa ungkapan (وهو المخالف...) dan seterusnya, adalah perkataan pengarang (Al Bukhari).

219. Diriwayatkan secara maushul oleh pengarang pada bab ini tanpa menyertakan kalimat (وخالف...). Kalimat ini terdapat dalam riwayat Muslim (2/ 158) dan Ahmad (6/ 342) darinya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih Al Imam Al Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog