Skip to main content

Mukadimah | 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban

من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة).

Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili.

60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban.

Mukadimah.

Sesungguhnya segala pujian untuk Alloh, kita memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampunan dari-Nya, kita berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri kita dan keburukan amalan kita. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Alloh maka tiada seorang pun yang dapat menyesatkannya, sedangkan siapa saja yang disesatkan oleh Alloh niscaya tiada seorang pun yang mampu memberinya petunjuk, aku bersaksi bahwa tiada sesembahan kecuali Alloh dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba sekaligus Rosul-Nya shollallohu 'alaihi wa sallam, serta untuk keluarganya dan seluruh sahabatnya.

Alloh berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Alloh dengan sebenar-benarnya takwa kepada-Nya dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (1)

Alloh berfirman:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Alloh menciptakan istrinya, dan daripada keduanya Alloh memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Alloh yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasi kamu." (2)

Alloh berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Alloh dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Alloh memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Alloh dan Rosul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar." (3)

Amma ba'd:

Sesungguhnya perkataan yang paling benar adalah Kalamulloh, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi kita Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam, seburuk-buruk perkara adalah yang dibarukan, semua yang dibarukan adalah bid'ah, seluruh bid'ah itu sesat dan seluruh kesesatan itu berada di dalam Neraka.

Amma ba'd:

Risalah ini termasuk rangkaian risalah bertemakan "Silsilah Berbagai Kesalahan", yang berjudul: "Kesalahan-kesalahan Kita di dalam Sepuluh Hari Bulan Dzulhijah". (4) Jumlah silsilah ini hampir dua puluh risalah, sebagian di antaranya hampir selesai yakni tinggal menunggu proses pencetakan, sedangkan sebagian yang lainnya masih dalam persiapan dan pengumpulan materi, semoga Alloh memberikan manfaat dengan risalah ini kepada penulisnya dan pembacanya serta orang yang menyebarkannya.

Risalah ini merupakan penjelasan tentang kumpulan dari kesalahan-kesalahan yang terjadi pada sebagian besar manusia di dalam sepuluh hari bulan Dzulhijah dan saya berpendapat bahwa tujuan pencetakannya adalah untuk menghindarkan manusia dari terjerumus ke dalam jurang-jurang kesalahan, terutama bagi orang yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji, karena untuk orang yang melakukan haji ada risalah tersendiri yang berjudul: "Kesalahan-kesalahan di dalam Beribadah Haji".

Penulis.

Muhammad bin Rosyid bin 'Abdillah Al-Ghufaili.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

(1) QS. Ali 'Imron [3]: 102.

(2) QS. An-Nisa' [4]: 1.

(3) QS. Al-Ahzab [33]: 70-71.

(4) Perlu diketahui bahwasanya kesalahan-kesalahan ini tidak kami sebutkan secara menyeluruh dan semua yang telah kami sebutkan itu adalah hanya yang kami mampu mengumpulkannya dengan karunia Alloh dan pertolongan-Nya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: من أخطاءنا في العشر (عشر ذي الحجة), Penulis: Syaikh Muhammad bin Rosyid bin 'Abdulloh Al-Ghufaili, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Ibadah Kurban, Keutamaan dan Koreksi Atas Berbagai Kesalahannya, 60 Kesalahan dalam Ibadah Kurban, Penerjemah: Muhammad Basyirun, Editor: Irwan Raihan, Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan I, Desember 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog